Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS X DI SMA ANGKASA LANUD HUSEIN SASTRA NEGARA BANDUNG
Keterampilan menulis teks puisi merupakan suatu kecakapan pada pembelajaran Bahasa Indonesia, ialah mencipta tulisan kreatif yang mengandung nilai estetika. Akan tetapi, faktanya siswa masih mengalami kesulitan dalam menuangkan ide penulisan. Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian pembelajaran menulis teks puisi dengan menggunakan model think talk write berbasis kearifan lokal pada siswa kelas X di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung. Masalah penelitian ini difokuskan pada skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks puisi, respons guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks puisi dengan menggunakan model think talk write (TTW) berbasis kearifan lokal, serta kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas X di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks puisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitiannya, bahwa ketercapaian skenario dan implementasi pembelajaran dapat terbukti dari hasil peningkatan persentase lembar observasi guru sejak pertemuan pertama hingga ketiga, yakni dari 94,28% menjadi 96,75%. Kemudian, berdasarkan persentase lembar observasi siswa pada pertemuan pertama hingga ketiga, yaitu dari 88,17% menjadi 90,86%. Selanjutnya, repons guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks puisi dengan menggunakan model think talk write berbasis kearifan lokal sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari persentase lembar angket guru dan siswa, meliputi 90% dan 89,73%. Di samping itu, kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan tugas-tugas menulis teks puisi dapat ditinjau dari persentase aspek pengetahuan dan keterampilan, yakni 58% siswa yang mampu menganalisis unsur rima onomatope dan 44% siswa yang mampu menulis teks puisi dengan menggunakan unsur imaji.
Tidak tersedia versi lain