Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 3 CIANJUR TAHUN 2018/2019
(Janwar, R. 2019). Penelitian ini Berjudul Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Menggunakan Moddel Think Talk Write di Kelas X SMK PGRI 3 Cianjur Tahun Pelajaran 2018-2019. Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Di lapangan banyak ditemukan kesulitan siswa dalam belajar menulis terutama teks negosiasi bahkan nilai mereka banyak yang dibawah kriteria ketuntasan minimal. Hal tersebut dikarenakan motivasi terhadap kegiatan menulis masih rendah, serta siswa beranggapan bahwa menulis merupakan keterampilan yang paling sulit dibandingkan empat keterampilan berbahasa lainnya. Berdasarkan hal terebut penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut. (1) Apakah terdapat perbedaan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi antara siswa yang menggunakan model think talk write dengan siswa yang menggunakan moddel PBL? (2) Bagaimana gambaran kinerja siswa pada: (a) Implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi dengan model TTW di kelas eksperimen? (b) Iimplementasi pembelajaran menulis teks negosiasi dengan model PBL di kelas kontrol? (c) Saat menyelesaikan soal-soal atau tugas-tugas untuk mengukur kemampuan menulis teks negossiasi? Penelitian ini menggunakan metode quiasi eksperimen dengan desain nonequaivalenet control grup design. Populiasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK PGRI 3 Cianjur dengan sampel kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks negosiasi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada pelaksanaan pretest kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 46 sedangkan hasil posttest rata-rata nilai mendapatkan 75. Pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest mendapatkan 40 sedangkan rata-rata nilai posttest mendapatkan 58. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model TTW 80 % yang dapat dikategorikan sangat baik pada saat diterapkannya model TTW. Hasil observasi aktivitas siswa pada kelas kontrol dapat terlaksana 72%. yang dapat dikategorikan baik saat diterapkannya model PBL. Kesulitan siswa pada saat melaksanakan tes pengetahuan adalah mengenai struktur teks negosiasi yang mana siswa kebanyakan terkecoh dengan jawaban yang lain. Adapun kesulitan pada tes keterampilan menulis teks negosiasi adalah dalam aspek kosakata.
Tidak tersedia versi lain