Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS X SMK HAMKA PADALARANG
Menulis puisi merupakan aktivitas yang sudah biasa dilakukan oleh seseorang. Namun, masih banyak siswa yang tidak menyukai dalam kegiatan menulis, khususnya menulis puisi. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa dalam menulis. Oleh karena itu, pada penelitian ini peneliti akan membahas mengenai menulis puisi pada siswa dengan merumuskan masalah sebagai berikut 1) bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis puisi menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media audio? 2) bagaimana respon guru dan siswa pada pembelajaran menulis puisi menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media audio? 3) kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan kegiatan menulis puisi?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi pembelajaran menulis puisi menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media audio pada siswa kelas X SMK Hamka Padalarang, untuk mendeskripsikan respon guru dan siswa dalam pembelajaran menulis menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media audio dan menganalisis kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan tugas menulis puisi. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif dan menggunakan desain Analisis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK HAMKA sebanyak 24 siswa. Berdasarkan hasi pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua dapat berjalan dengan efektif sesuai dengan skenario yang telah dibuat oleh peneliti. Keberhasilan skenario dapat dilihat dari hasil implementasi yang daat dilihat melalui lembar observasi guru dengan memperoleh nilai persentase 89% dan siswa 89% Adapun hasil respon guru dan siswa terhadap penggunaan pendekatan kontekstual dan media audio dalam pembelajaran menulis puisi dengan respon guru memperoleh nilai persentase 90% dan siswa 89%, terdapat kesulitan yang dialami siswa dalam pemeblajaran menulis puisi pada pengetahuan terdapat kesulitan kata konkret 0,25, nada 0,21 dan imaji 0,29 sedangkan keterampilan terdapat kesulitan menentukan diksi dengan nilai 60, menentukan gaya bahasa 62 dan menentukan rima 68.
Tidak tersedia versi lain