Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X DI SMKN 1 CIPONGKOR TAHUN AJARAN 2018/2019
Pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas x di SMKN 1 Cipongkor tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa yang masih rendah dalam menulis teks negosiasi siawa masih kesulitan dalam menentukan tata Bahasa dan kaidah kebahasaan teks negosiasi, Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah:rn(1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan menulis teks negosiasi antara peserta didik yang menggunakan metode mind mapping dengan metode Discovery Learning? (2)rnBagaimana Implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode mind mapping pada kelas eksperimen? (3) Bagaimana implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode Discovery Learning pada kelas kontrol? (4) bagaiman pada saat menyelesaikan soal-soal atau tugas-tugas untuk mengukur kemampuan menulis teks negosiasi? Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas x di SMKN 1 Cipongkor jumlah sampel 25 siswa dan instrumen penelitian berupa rpp, lo, tes, dan pedoman penelitian. Hasil penelitian menunjukan dalam proses pembelajaran menulis teks negosiasi terdapat perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kontrol. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata tes awal sebesar 50,64 dan rata-rata tes akhir sebesar 59,72. Sedangkan pada kelas kontrol tes awal menunjukan hasil rataratarn51 dan untuk tes akhir sebesar 69. Dalam Pelaksanaa pembelajaran teks negosiasi dengan menggunakan metode mind mapping pada kelas eksperimen berjalan denganrnbaik sekali dengan hasil 80 %. Adapun kesulitan yang dihadapi siswa dalam menulis teks negosiasi adalah tata bahasa dan kaidah kebahasaan hal tersebut dapat dilihat darirnhasil analisis tes akhir. Rata-rata dari kelas eksperimen pada aspek tata bahasa dan kaidah kebahasaan adalah 3 dan pada kelas kontrol mendapat rata-rata 2,4. Hasil spssrnmenunjukan bahwa nilai sig 0,004<0,05 oleh karena itu terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwarnmetode mind mapping sangat efektif dalam pembelajaran menulis teks negosiasi.
Tidak tersedia versi lain