Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSISASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X SMK TARUNA HARAPAN 1 CIPATAT TAHUN AJARAN 2019/2020
Latar belakang penelitian ini yaitu peserta didik sulit untuk mengembangkan dan mengungkapkan sebuah gagasan atau ide ke dalam sebuah teks atau bahasa tulis, khususnya dalam menulis teks negosiasi. Selain itu metode yang digunakan oleh guru kurang menarik dan epektif, sehingga siswa menganggap pembelajaran menulis teks negosiasi adalah pembelajaran yang sangat membosankan. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X SMK Taruna Harapan 1 Cipatat dengan menggunakan metode picture and picture berbantuan media audio visual, 2) untuk mengetahui respon guru dan siswa kelas X SMK Taruna Harapan 1 Cipatat terhadap pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode picture and picture berbantuan media audio visual, 3) untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas X SMK Taruna Harapan 1 Cipatat dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks negosiasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini kelas X BDP 1 SMK Taruna Harapan 1 Cipatat yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi RPP, skenario pembelajaran, lembar observasi guru dan siswa, angket guru dan siswa dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan metode picture and picture berbantuan media audio visual berjalan dengan sangat baik dengan hasil observasi guru mencapai persentase 96%, observasi siswa mencapai persentase 94%. Respon guru dan siswa menunjukkan respon positif, dengan hasil angket guru mencapai persentase 90%, angket siswa mencapai rata-rata persentase 94%. Kesulitan yang dialami siswa pada soal pengetahuan terdapat pada aspek struktur, pada soal keterampilan terdapat pada aspek kebahasaan dan penggunaan tanda baca disertai dengan penempatan huruf kapital, nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 80. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode picture and picture berbantuan media audio visual cocok digunakan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMK Taruna Harapan 1 Cipatat karena mendapat respon yang positif dari guru dan siswa
Tidak tersedia versi lain