Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI MODEL TALK WRITE (WWT) BERBANTUAN MEDIA FUZZLE PADA SISWA MTS-AT-TAQWA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2019/2020
Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya minat baca, pengorganisasian ide, minimnya penggunaan tatabahasa dan kosta kata, selain itu juga metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan inovatif. Maka peneliti tertarik melakukan penelitian menulis teks eskplanasi melalui model think talk write (TTW) berbantuan media puzzle untuk memudahkan siswa dalam memecahkan permasalahan melalui sesi diskusi (kelompok) dan memberikan situasi belajar yang bermakna bagi siswa sehingga siswa mampu memahami materi pembelajaran dengan baik, sehingga siswa dapat berperan aktif dalam setiap proses pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks eksplanasi melalui model think talk write (TTW) berbantuan media puzzle pada siswa Mts. At -Taqwa kelas VIII tahun ajaran 2019/2020? 2) Bagaimana respon guru dan siswa Mts. At-Taqwa Kelas VIII terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi melalui model think talk write (TTW) berbantuan media puzzle? 3) Kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa Mts. At-Taqwa kelas VIII dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks eksplanasi? Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah siswa kelas VIII B di sekolah Mts. At-Taqwa, Subjek penelitian yaitu 22 siswa kelas VIII B. Hasil sekanario pembelajaran menulis teks eksplanasi pada kegiatan pertemuan pertama mencapai hasil 96%, pertemuan kedua 96%, dan pada pertemuan ketiga 92%. Sementara hasil implentasi guru terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi pada pertemuan pertama sebesar 96%, pertemuan kedua sebesar 97%, dan pertemuan ketiga sebesar 100%. Sedangkan hasil implementasi siswa terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi pada pertemuan pertama sebesar 92%, pertemuan kedua sebesar 89%, dan pertemuan ketiga sebesar 100%. Hasil respons guru terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi sebesar 80%. Sedangkan hasil respon siswa terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi sebesar 71%. Hasil persentase kesulitan-kesulitan yang dihadapii siswa terletak pada aspek ejaan sebesar 36%. Berdasarkan hasil penelitian terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi melalui model think talk write (TTW) berbantuan media puzzle dinilai efektif dan berhasil.
Tidak tersedia versi lain