Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR KARIKATUR PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 NGAMPRAH TAHUN AJARAN 2019/2020
Berdasarkan judul tersebut penulis merumuskan tiga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks drama siswa kelas VIII dengan menggunakan model example non example berbantuan media gambar karikatur; (2) Bagaimana respon guru dan siswa kelas VIII dengan menggunakan model example non example berbantuan media gambar karikatur; 3) Kesulitankesulitan apa yang dialami siswa kelas VIII dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks drama. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketiga rumusan masalah tersebut. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu metode yang bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan, dan menganalisis masalah yang terdapat di dalam sebuah penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu skenario dan implementasi pembelajaran berjalan dengan sangat baik, hal ini dibuktikan adanya hasil observasi yaitu memperoleh nilai 81,57, artinya tergolong sangat baik. Begitupun dengan hasil respon guru dengan persentase 96,87% artinya tergolong sangat baik, sedangkan persentase respon siswa sebesar 81,87 % dengan kategori baik. Adapun hasil tes yang diperoleh siswa yaitu jumlah rata-rata 79,38 sudah memenuhi indikator keberhasilan. Lalu, kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dapat dilihat dari soal pengetahuan mengenai analisis dialog dalam penggalan drama dan soal keterampilan mengenai penulisan kaidah kebahasaan dalam drama.
Tidak tersedia versi lain