Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE NONDIRECTIVE PADA SISWA KELAS X DI SMK SANGKURIANG 1 CIMAHI TAHUN AJARAN 2019/2020
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya peserta didik dalam mengungkapkan serta mengembangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk teks atau bahasa tulis. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi pada siswa kelas x dengan menggunakan metode nondirective? 2) Bagimana respon guru dan siswa kelas x terhadap pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode nondirective ? 3) Kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks negosiasi ?. Metode ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Ketika penelitian ini berlangsung aktivitas peserta didik diamati oleh observer dan berjalan sudah hampir baik. Hal ini dibuktikan dari lembar observasi peserta didik dan mendapatkan nilai rata- rata 87,5 dari hasil nilai pengamatan 2 observer. Berkaitan dengan hal tersebut bahwa tujuan penelitian adalah untuk mengetahui skenario, implementasi dan respon guru dan siswa, maka bisa diketahui kesulitan-kesulitan siswa yang dihadapi. Respon guru dan siswa menunjukkan respon positif, dengan hasil angket guru mencapai persentase 95% dan angket respon siswa mencapai 86% . Sampel pada penelitian ini yaitu 31 siswa, dari jumlah semua siswa terdapat 19 siswa yang memperoleh nilai yang tuntas melebihi KKM (kriteria ketuntasan minimal) sedangkan 12 siswa lainnya tidak tuntas, maka dapat disimpulkan 61% siswa yang memperoleh ketuntasan dengan nilai rata-rata 73,8. Untuk mendapatkan hasil tersebut peneliti membuat soal pengetahuan dan keterampilan dan dikerjakan oleh siswa diakhir pertemuan. Pada aspek pengetahuan kesulitan yang dialami siswa terjadi pada soal no 5 yaitu tentang kebahasaan, siswa sulit menganalisis kaidah kebahasaan pada contoh teks disoal tersebut sedangkan pada aspek keterampilan kesulitan yang dialami siswa terjadi pada aspek struktur teks negosiasi. Artinya siswa belum mampu menulis teks negosiasi menggunakan mekanika dengan baik sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan teks negosiasi.
Tidak tersedia versi lain