Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN METODE INKUIRI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 WARUNGKONDANG
Penelitian ini dilatarbelakangi dalam kurikulum 2013 pembelajaran menulis teks persuasi merupakan salah satu pembelajaran yang melatih siswa dalam keterampilan menulis, masih banyak kesulitan yang dialami oleh siswa pada saat menulis teks persuasi dengan tema yang ditentukan oleh guru. Untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran menulis perlu adanya metode dan media pembelajaran yang tepat, agar siswa lebih terarah pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu 1) skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks persuasi menggunakan metode inkuiri berbantuan media gambar pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Warungkondang, 2) respon guru dan siswa pada pembelajaran menulis teks persuasi menggunakan metode inkuiri berbantuan media gambar pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Warungkondang, 3) kesulitankesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran menulis teks persuasi menggunakan metode inkuiri berbantuan media gambar pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Warungkondang. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VIII E dengan jumlah siswa laki-laki 12 dan jumlah siswa perempuan 13. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) scenario dan implementasi pembelajaran menulis teks persuasi menggunakan metode inkuiri berbatuan media gambar berjalan dengan baik, hal ini dapat dibuktikan dari hasil lembar observasi guru dan siswa yang dikategorikan baik, 2) respon guru dan siswa dalam pembelajaran menulis teks persuasi menggunakan metode inkuiri berbantuan media gambar mendapat kategori baik, hal ini dapat dibuktikan dari hasil angket yang diisioleh guru dansiswa, 3) kesulitankesulitan yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran menulis teks persuasi menggunakan metode inkuri berbantuan media gambar kesulitan dalam menentukan judul, kesulitan dalam memulai tulisan, menyesuaikan isi dengan tema, menentukan struktur bagian argumentasi, menentukan kaidah kebahasaan bagian kata istilah dan teknis dan kesuliatan dalam mengguanakan ejaan dan tanda baca.
Tidak tersedia versi lain