Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOISASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK BINA SISWA 2 CILILIN
Kegiatan menuangkan ide kedalam tulisan membuat siswa merasa kesulitan, apalagi dalam menentukan isi dalam membuat sebuah teks negosiasi. Oleh karena itu perlu adanya pendekatan pembelajaran yang menarik agar dapat membuat siswa mudah dalam menuangkan ide dan gagasan kedalam tulisannya. Hal tersebut berkaitan dengan tujuan penelitian untuk menelaah implementasi dan skenario pembelajaran menulis teks negosiasi, menelaah respon guru dan siswa dan menelaah kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran menulis teks negosiasi dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas X SMK Bina Siswa 2 Cililin yang dilakukan pada bulan Februari 2020 selama 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan skor dari hasil tes yang dilakukan sebagai hasil akhir. Kriteria keberhasilan penelitian dilihat dari adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk yang dihasilkan. Skenario dan impelentasi pembelajaran berjalan sesuai dengan RPP dan pembelajaran berjalan dengan baik terbukti dengan hasil analisis observasi guru pada pertemuan pertama observer 1 dengan skor 98 dan observer 2 dengan skor 96, pada pertemuan kedua observer 1 skor 98 dan observer 2 skor 96, sedangkan pada pertemuan ketiga observer 1 skor 98 dan observer 2 skor 98, dan hasil analisis lembar observasi untuk aktivitas siswa jika diakumulasikan dari tiga kali pertemuan memperoleh skor 93% dengan kategori tinggi. Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning secara keseluruhan dinilai dengan sangat baik. Terbukti dengan skor hasil analisis angket guru dengan presentase 92%, dan angket siswa presentase 73% yang menyatakan bahwa pembelajaran menulis teks negosiasi di respon dengan sangat baik oleh guru dan siswa. Kesulitan-kesulitan siswa dalam menulis teks negosiasi adalah siswa kesulitan dalam memenuhi aspek isi dari teks negosiasi. Hal ini terlihatdari skor yang paling rendah dalam penilaian menulis teks negosiasi yakni aspek isi dengan skor 67 dari 25 siswa yang menulis teks negosiasi. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning berjalan dengan efektif terlihat dari skenario dan implementasinya berjalan dengan lancar dan direspon dengan sangat baik oleh guru maupun siswa.
Tidak tersedia versi lain