Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PREDICT OBSEVE EXPLAIN (POE) PADA SISWA KELAS VII MTS. NURUL HUDDA LEMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat siswa dalam menulis teks deskripsi karena adanya kesulitan dalam mengembangkan ide serta siswa tidak memahami tata bahasa dan cara menidentifikasi pada teks deskripsi. Penelitian ini memiliki rumusan masalah : 1) apakah terdapat perbedaan kemampuan pembelajaran menulis teks deskripsi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dengan siswa yang menggunakan model Discovery Learning pada siswa kelas VII MTs. Nurul Huda. 2) bagaimana gambaran kinerja siswa pada saat: a) implementasi pembelajaran menulis teks deskripsi menggunakan model VII MTs. Nurul Huda. b) implementasi pembelajaran menulis teks deskripsi menggunakan model discovery learning. c) mendeskripsikan gambaran kinerja siswa pada saat menyelesaikan soal-soal pada pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII MTs. Nurul Huda. Bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menulis teks deskripsi menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dengan siswa yang menggunakan model discovery learning, untuk menyelesaikan soal-soal atau tugas untuk mengukur kemampuan siswa dalam dalam menulis teks deskripsi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasy dengan menggunakan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi sampel penelitian ini yaitu 25 siswa kelas XI A dan 25 siswa kelas XI B . Hipotesis dalam penelitian ini yaitu “terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model timbal balik dengan siswa yang menggunakan model discovery learning, Hal ini dibuktikan dari nilai pretest posttest pada kelas eksperimen nilai rata-rata tes awal 64,28 dan nilai rata-rata setelah diterapkan model Predict Observe Explain (POE) adalah 81,96 sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata nilai tes awal 52,16 dan nilai rata-rata setelah diterapkan model discovery learning 73,36. Dengan demikian model timbal balik terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII.
Tidak tersedia versi lain