Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE TTW (THINK-TALK WRITE) PADA KELAS VIII SMP NEGERI SATUATAP 1 JATISARI KARAWANG TAHUN AJARAN 2018-2019
Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 1 Jatisari. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis bebas, variabel model think talk write, dan variabel PBL problem Based Learning teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan teknik nontes, yang terdiri atas observasi,angket, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan keterampilan menulis puisi dapat dilakukan dengan menggunakan model Think Talk Write dengan menggunakan perbandingan metode PBL Problem Based Learning. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil menulis puisi dari kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil di kelas eksperimen mencapai rata-rata 74,91 pada kategori cukup dan pada kelas kontrol meningkat menjadi 80,97 pada kategori baik. Jadi keterampilan menulis puisi mengalami peningkatan sebesar 16,10% berdasarkan data nontes dapat diketahui adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Pada kelas eksperimen siswa masih belum terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Berbeda pada kelas kontrol, siswa aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran
Tidak tersedia versi lain