Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA DE KELAS X SMK LPPM RI BANDUNG
Penelitian ini berjudul “Pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode sosiodrama di kelas X SMK LPPM RI. Peneliti menggunakan metode sosiodrama karena metode ini pernah diimplementasikan oleh peneliti-peneliti lainnya pada materi pembelajaran yang berbeda. Rumusan masalah dari penelitian ini berfokus pada; 1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan menulis teks negosiasi antara siswa yang menggunakan metode sosiodrama dengan Discovery learning? 2) Bagaimana gambaran kinerja siswa pada : a) Implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi yang diterapkan di kelas eksperimen dengan metode sosiodrama ? b) Implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi yang diterapkan di kelas kontrol dengan metode discovery learning? dan c) Saat menyelesaikan soal-soal atau tugas-tugas untuk mengukur kemampuan menulis teks negosiasi? Populasi yang menjadi perhatian peneliti adalah X SMK LPPM RI terpilih dua kelas sebagai subyek penelitian sebanyak 25 orang untuk masing-masing kelasnya. Untuk masing-masing kelasnya Implementasi pembelajaran di kelas eksperimen dengan menggunakan metode sosiodrama dapat berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan. hal ini terlihat dari dari lembar observasi aktivitas siswa dapat terlaksana 84% dan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen, adalah 51 sedangkan nilai posttest mendapatkan rata-rata nilai 74. Berdasarkan uji paired sample ttest diperoleh nilai (sig 2 Tailed) 0,000. Nilai 0,000 lebih kecil dari pada nilai sig 0,05. Maka dari data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara data pretest dengan posttest kelas ekperimen dalam pembelajarn menulis teks negosiasi menggunakan metode sosiodrama.Implementasi pembelajaran di kelas kontrol dengan menggunakan metode discovery dapat berjalan dengan baik dan mengalamai peningkatan. hal ini terlihat dari dari lembar observasi aktivitas siswa dapat terlaksana 78% dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol, adalah 46 sedangkan nilai posttest mendapatkan rata-rata nilai 70. Berdasarkan uji paired sample ttest diperoleh nilai (sig 2 Tailed) 0,000. Nilai 0,000 lebih kecil dari pada nilai sig 0,05. Maka dari data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara data pretest dengan posttest kelas kontrol dalam pembelajarn menulis teks negosiasi menggunakan metode discovery.Kesulitan siswa pada saat melaksanakan tes pengetahuan adalah mengenai ciri-ciri teks negosiasi yang mana siswa kebanyakan kurang teliti dalam membaca soal. Adapun kesulitan pada tes keterampilan menulis teks negosiasi adalah dalam aspek kaidah kebahasaan yang meliputi. Dua belah pihak, menggunakan bahasa lisan, tawar menawar, dan berakhir dengan kesepakatan.
Tidak tersedia versi lain