Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE MEDIA KOMIK BERBASIS INFORMATION TECHNOLOGY (IT)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks drama siswa SMP kelas VIII menggunakan model Example Non Example media komik berbasis IT, untuk mengetahui respon guru dan siswa SMP kelas VIII terhadap pembelajaran menulis teks drama menggunakan model example non example media komik berbasis IT dan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa saja yang dialami siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks drama. Pengumpulan data yaitu RPP, observasi, tes dan angket. Penelitian ini menekankan pada penelitian kualititatif merupakan hasil statistik deskriptif dari kuantitatif. Data kuantitatif ini menggunakan teknik statistik deskriptif yang dikumpulkan melalui tes. Subjek penelitian yaitu kelas VIII-A berjumlah 23 siswa. Langkah-langkah pada skenario pembelajaran diantaranya mempersiapkan gambar, menempelkan gambar, membentuk kelompok diskusi, menganalisis gambar, mempersentasikan dan penguatan materi. Implementasi pembelajaran sesuai dengan skenario pembelajaran, namun penerapan langkah-langkah model example non example dilaksanakan secara tidak berurutan. Dari 23 siswa terdapat 19 siswa memperoleh nilai di atas standar KKM ≥ 71 dengan persentase 82,6% berkategorikan “Sangat Tinggiâ€. Lembar angket guru dan siswa memperoleh data yang maksimal, yakni pembelajaran teks drama menggunakan Model Example non Example menggunakan media komik berbasis informasi teknologi dapat memberikan metode yang inovatif untuk siswa, menarik minat siswa, dan motivasi belajar siswa. Media yang digunakan untuk siswa berkategori berhasil dalam menulis teks drama. Kesulitan-kesulitan siswa dapat dilihat dari rata-rata pengetahuan dan keterampilan. Rata-rata hasil pengetahuan terendah yaitu 65 ≤ 100 tentang kaidah kebahasaan, sedangkan rata-rata nilai keterampilan terendah yaitu 67 ≤ 100 tentang struktur pada epilog.
Tidak tersedia versi lain