Skripsi
PENERAPAN BERMAIN BAHAN ALAM DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan bermain bahan alam, pelaksanaan bermain bahan alam, hasil penerapan bermain bahan alam, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam bermain bahan alam pada kelompok B. sebelumnya dalam mengembangkan kemampuan berfikir logis di RA Izul Ula tidak menggunakan media, sehingga anak anak mudah bosan. Kegiatan bermain bahan alam dapat memberikan kesan terhadap anak- anak karena mereka dapat berinteraksi langsung dengan lingkungan dan alam sekitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan data penelitian diperoleh menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sample penelitian ini adalah anak kelompok B di RA Izul Ula yang berjumlah 6 orang yang terdiri dari 3 orang laki- laki dan 3 orang perempuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan bermain bahan alam sudah sesuai dengan kurikulum yang digunakan. 2) Pelaksanaan bermain bahan alam sudah berjalan dengan baik dan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berfikir logis anak kelompok B. 3) Hasil penerapan bermain bahan alam menunjukan adanya peningkatan dari pertemuan pertama sampai pertemuan delapan. 4) Faktor penghambat dalam bermain bahan alam yaitu faktor lingkungan sosial dan faktor diri sendiri sedangkan faktor pendukung yaitu apresiasi guru yang diberikan kepada anak dapat beruapa hadiah atau pujian, dan sarana prasarana yang mendukung seperti bahan alam yang melimpah disekitar lingkungan sekolah.
Tidak tersedia versi lain