Skripsi
PENGEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas guru dalam metode pembelajaran serta pemberian tugas yang bersifat individu, sehingga kurang menstimulus perkembangan perilaku prososial anak, sehingga ada beberapa indikator aspek perkembangan perilaku prososial anak yang belum berkembang dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perncanaan, pelaksanaan dan mendeskripsikan hasil pengembangan perilaku prososial anak kelompok usia 5-6 tahu. Penelitian yang dilakukan dalam 5 kali pertemuan, dengan hasil observasi awal menunjukkan perkembangan perilaku prososial belum berkembang, dengan metode pembelajaran yang menarik bagi anak seperti metode bermain peran, perilaku prososial anak meningkat. Metode bermain peran merupakan suau kegiatan bermain yang mensyaratkan anak untuk terlibat aktif berperan menjadi tokoh-tokoh tertentu, dengan cara memerankan langsung tokoh-tokoh yang sering mereka jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalak anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 10 orang anak. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat mengembangkan perilaku prososial anak kelompok usia 5-6 tahun. Hal ini terlihat dari meningkatnya beberapa indikator aspek perkembangan perilaku prososial anak setelah melakukan kegiatan bermain peran antara lain anak dapat bekerjasama dengan teman, anak dapat menunjukkan sikap toleran, anak dapat berbagi makan dan mainan dengan teman, serta anak dapat mengenal tatakrama dan sopan santun sesuai adat istiadat lingkungan sekitar.
Tidak tersedia versi lain