Text
Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Cilaja Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik Bidang
Administrasi Kependudukan Kelurahan Cilaja Kecamatan Majasari Kabupaten
Pandeglang.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan kunci penelitian dalam penelitian
ini adalah 3 orang kepala kelurahan dan kasi pemerintahan sebagai informan kunci
dan 6 orang masyarakat pengguna jasa pelayanan sebagai informan tambahan.
Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Pemeriksaan
keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksana, Kualitas Pelayanan Publik
Administrasi Bidang Kependudukan di Kelurahan Cilaja Kecamatan Majasari
Kabupaten Pandeglang dilihat dari fasilitas fisik (tangible), kehandalan (reliability),
daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) yaitu 1)
bagian pelayanan di kelurahan cilaja belum memenuhi fasilitas pelayanan seperti
komputer, pendingin ruangan (AC), hal ini terjadi dikarenakan keterbatasan biaya
dn belum ada dana. 2) masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan
kelurahan cilaja dalam aspek reliability (kehandalan) mengenai kehandalan dalam
menangani setiap keluhan masyaraka. 3) pegawai dalam hal membantu masyarakat
yang membutuhkan pelayanan khususnya masyarakat yang bingung dengan
pelayanan sudah terlihat anatara petugas dan pengunjung yang saling
berkomunikasi.4) pelayanan kelurahan cilaja sudah baik dalam hal ketepatan
waktu, 5) aspek empati (empathy) yang diberikan kelurahan cilaja yaitu dengan
memberikan kesan yang menyenangkan, hal itu terlihat dari kepedulian pegawai
yang menerangkan dengan sejelas-jelasnya, dan sikap ramah & sopan yang
diberikan oleh pegawai.
Tidak tersedia versi lain