Text
Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Di Alfamart Mekarsari Panimbang Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten
Penetapan harga merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap minat
beli konsumen. Permasalahan mengenai pengaruh penetapan harga terhadap minat
beli konsumen di Alfamart Mekarsari Panimbang meliputi: (1) Harga di Alfamart
Mekarsari Panimbang lebih mahal daripada harga toko di pasar Panimbang; (2)
Harga Alfamart Mekarsari Panimbang sering berubah; (3) Sering adanya
perbedaan harga di label dan struk dapat menjadi pengaruh fluktuatif minat
jumlah konsumen yang berbelanja; (4) Fenomena masalah harga berdampak pada
fluktuasi jumlah transaksi di Alfamart Mekarsari antara bulan Mei-Desember
2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Seberapa Besar Pengaruh
Penetapan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen di Alfamart Mekarsari
Panimbang Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Metode penelitian
pendekatan kuantitatif, penelitian ini dibutuhkan waktu selama 7 hari dalam
menentukan sampel dan objek yang diteliti hanya konsumen yang berbelanja di
Alfamart Mekarsari Panimbang Kabupaten Pandeglang, dan diperoleh sampel
sebanyak 53 sampel responden. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah
accidental sampling. Berdasarkan perhitungan Hasil uji koefisien korelasi
menggunakan rumus korelasi Product moment diperoleh nilai sebesar 0,287.
koefisien determinasi (R Square) 8,3%. Regresi Linear Sederhana Y=42.388 +
0.622X. Hasil Uji t menunjukan bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 2,142 > 1,675. Jadi
nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel dengan demikian Ha diterima dan Ho
ditolak. Hasil pengujian menunjukan bahwa ada pengaruh antara penetapan harga
terhadap minat beli konsumen. Saran dari penelitian ini: Alfamart Mekarsari
Panimbang Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten perlu melakukan strategi
penetapan harga yang mampu menarik minat beli konsumen.
Tidak tersedia versi lain