Text
Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Di Rm Bakso Sogo Outlet Ciherang – Pandeglang, Banten Tahun 2020)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap
Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Di RM Bakso SOGO Outlet Ciherang –
Pandeglang, Banten Tahun 2020). Kualitas Produk adalah kualitas meliputi usaha
memenuhi atau melebihi harapan pelanggan; kualitas mencakup produk, jasa,
manusia, proses, dan lingkungan teori yang dipakai yaitu Tjiptono dalam
(Kuspriyono 2016). Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorangan
yang muncul setelah membandingan antara persepsi atau kesan terhadap kinerja
atau hasil suatu produk dan harapan – harapan Kotler dan Keller (2012). Penelitian
yang digunakan pendekatan kuantitatif, adapun pembahasan hasil penelitian
menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Populasi dalam penelitian sebanyak
46.680 responden dengan sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan acak.
Berdasarkan hasil uji rata – rata pada variable kualitas makanan, diperoleh angka
terendah sebesar 2,03 angka tersebut menunjukkan bahwa kualitas produk pernah
mengalami permasalahan, hal tersebut berada pada item rendah yang harus
diperbaharui lagi. berdasarkan hasil uji rata – rata pada variable kepuasan
pelanggan, diperoleh angka terendah sebesar 2,74 angka tersebut menunjukkan
bahwa kepuasan pelanggan, pelanggan ketika akan merekomendasikan kembali
produk RM Bakso SOGO kepada teman atau saudara pelanggan merasa ragu
dengan apa yang direkomendasikan. Hal tersebut berada pada item terendah yang
harus diperbaharui lagi. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi 0,388 atau
38,6% yang artinya menunjukkan bahwa variabel kualitas makanan berpengaruh
38,8% terhadap kepuasan pelanggan yang sisanya 61,2% dan menghasilkan nilai t
hitung sebesar 7,880 dengan menggunakan tingkat kepercayaan a = 10%. Diketahui
t tabel dengan nilai n = 100 dengan uji dua pihak dan dk= 100 – 2 = 98, yaitu 1,661
jadi nilai t hitung lebih besar dari pada t table sehingga Ha= diterima dan Ho=
diterima. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara
kualitas makanan dengan kepuasan pelanggan.
Tidak tersedia versi lain