Text
Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pdam Tirta Berkah Cabang Pandeglang Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten
Air merupakan sumber kehidupan manusia, karena tanpa adanya air manusia tidak
akan bertahan hidup, maka kebutuhan akan air harus selalu terpenuhi. Rumusan
masalah dalam skripsi ini adalah:1.Bagaimanakah Pelayanan PDAM Tirta Berkah
Kabupaten Pandeglang, 2.Bagaimanakah TIingkat kepuasan Pelanggan PDAM
Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang, 3.Seberapa besar pengaruh pelayanan
terhadap kepuasan pelanggan PDAM Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang.
penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian lapangan (field research)
dengan cara survei. Penelitian survey merupakan suatu penelitan kuantitatif
dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan terstruktur atau sistematis yang
sama kepada banyak orang. Simpulan: 1.Hasil uji Analisis deskriptif pada variabel
X (Pelayanan) dan Y (Kepuasan Pelanggan) responden rata-rata menjawab
sebesar 3,67 dan 3,66 yang menunjukkan angka tersebut termasuk kategori baik.
Hasil koefisien korelasi sebesar 0,601 artinya tingkat keeratan hubungan antara
kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan kuat. Untuk nilai R2 atau R square
sebesar 0,362 hal ini menunjukan bahwa variabel Pelayanan mempengaruhi
variabel Kepuasan Pelanggan PDAM Tirta Berkah Cabang Pandeglang 36,2% dan
sisanya 63,8% dijelaskan variabel lain yang tidak penulis teliti. Hasil dari t hitung
pelayanan adalah 7,412 lebih besar dari t tabel 1,66071. Sehingga Ha diterima dan
Ho di tolak. Berarti berpengaruh secara positif dan signifikan antara Pelayanan
dengan Kepuasan Pelanggan. Saran: Untuk mengatasi permasalahan tersebut
penulis menyarankan pihak PDAM untuk menyediakan tempat fotokopi berkas
dan materai yang diperlukan untuk pendaftaran agar pelanggan tidak perlu
mengeluarkan biaya lagi untuk menyiapkan berkas persyaratan.
Tidak tersedia versi lain