Text
Efektipitas Pelayanan Samsat Keliling Dalam Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Samsat Keliling Kota Serang)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat efektivitas pelayanan
SAMSAT Keliling dalam pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Serang
yang berlokasi di depan Ramayana Serang tahun 2022. Teori yang digunakan adalah
teori efektivitas menurut Sutrisno (2017:125) yang meliputi pemahaman program,
tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan program dan perubahan nyata. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Desain penelitian menggunakan
desain deskriptif. Populasi penelitian adalah masyarakat selaku pemohon yang sudah
selesai mengurus Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui SAMSAT Keliling Kota
Serang yang berlokasi di depan Ramayana Serang tahun 2022. Teknik pengambilan
sampel menggunakan convinience sampling dengan jumlah sebanyak 160 responden.
Analisis data dilakukan melalui pengujian statistik menggunakan program SPSS Versi
20. Hasilpenelitian diketahui pelayanan SAMSAT Keliling dalam pengurusan Pajak
Kendaraan Bermotor di Kota Serang yang berlokasi di depan Ramayana Serang tahun
2022 dinyatakan tidak efektif, dimana hasil perhitungan nilai -thitung < ttabel (-23.131 <
1,654), maka H0 diterima dan Ha ditolak. Persentase efektivitas pelayanan SAMSAT
Keliling sebesar 42.19% atau kurang dari 60%. Saran penelitian diantaranya pimpinan
SAMSAT Serang dapat menambah petugas pelayanan pada SAMSAT Keliling
sehingga jumlah petugas dapat minimal 2 orang petugas dalam rangka mempercepat
waktu pelayanan kepada pemohon, pimpinan SAMSAT Serang dapat melakukan
pengawasan secara langsung dengancara inspeksi mendadak atau pengawasan on the
spot ke lokasi pelayanan SAMSAT Keliling untuk memastikan keberadaannya sesuai
dengan wilayah operasional, seperti di depan ramayana serang dan jam kerja
operasionalnya dan lain sebagainya.
Tidak tersedia versi lain