Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik E-Ktp Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kacamatan Maja Kabupaten Lebak
Latar belakang masalah penelitian tentang fasilitas pelayanan masih kurang sehingga
menghambat kelancaran kegiatan pelayanan, pelayanan terhadap masyarakat belum sesuai
dengan waktu yang telah ditentukan, kualitas pelayanan belum di analisis secara berkala dan
tingkat kepuasan masyarakat belum dianalisis secara berkala di Kantor Kecamatan Maja
Kabupaten Lebak. Tujuan penelitian dilakukan ntuk mengetahui kualitas pelayanan e-KTP,
untuk mengetahui kepuasan masyarakat dalam pelayanan e-KTP dan untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan e-KTP tehadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Maja
Kabupaten Lebak. Landasan teori yang digunakan dalam penelitin, yaitu: 1) Kemenpan
Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan
Publik; 2) Teori Kotler, 2004:148 metode tentang mengukur kepuasan pelanggan
(masyarakat). Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan (variabel X) terhadap kepuasan masyarakat (variabel Y). Hasil
penelitian uji determinasi (R square) adalah 0,258 yang berarti bahwa pelayanan publik
berpengaruh sebesar 25,8% terhadap kepuasan masyarakat yang melakukan pengurusan eKTP di Kantor Kecamatan Maja. Sedangkan sisanya sebesar 74,2% dipengaruhi oleh faktor
lain yang tidak menjadi fokus dalam penelitian. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji
hipotesis diketahui bahwa pelayanan publik (variabel X) memiliki nilai t hitung = 3,633 dengan
signifikansi 0,01 < 0,05 yang artinya bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan
pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat (variabel Y) yang melakukan pengurusan eKTP di Kantor Kecamatan Maja Kabupaten Lebak Banten. Maka hipotesis yang menyatakan
bahwa terdapat hubungan antara pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat diterima
atau terbukti.
Tidak tersedia versi lain