Text
(Skripsi) Peran hubungan masyarakat dalam membangun citra positif di SMA negeri 1 Cilimus
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peran humas dalam membangun citra baik SMA Negeri 1
Cilimus dan cara apa yang dilakukan oleh Humas SMA Negeri 1 Cilimus, hambatannya apa saja dan bagaimana solusi mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian
dalam penelitian ini adalah Humas SMA Negeri 1 Cilimus, Wali Murid, dan perwakilan dari masyarakat. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis interaktif dengan tahap: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran humas dalam membangun citra baik SMA Negeri 1 Cilimus yaitu: 1) Mampu menjalankan peran sebagai penasihat ahli karena dapat mendengar aspirasi dari masyarakat dan menyampaikannya pada seluruh elemen sekolah untuk ditindaklanjuti terkait dengan masalah lahan parkir. 2) Mampu menjakankan peran sebagai fasilitator komunikasi karena Humas SMAN 1 Cilimus memfasilitasi berbagai macam keluhan dari masyarakat, organisasi, juga menyediakan tempat untuk saling membagi informasi antara pihak sekolah dan pihak wali murid. 3) Mampu menjalankan peran sebagai fasilitator proses pemecahan masalah karena membantu kedua belah pihak yang sama-sama sekolah di SMAN 1 Cilimus untuk menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan. 4) Mampu menjalankan peran sebagai teknisi komunikasi, humas SMAN 1 Cilimus sebagai penyedia teknis, sekaligus pelaksana dari komunikasi itu sendiri. Upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan hambatan yang dialami oleh SMA Negeri 1 Cilimus yaitu dengan terus berkoordinasi dengan semua bagian yang terkait dalam masalah tersebut.
Tidak tersedia versi lain