Text
(Skripsi) Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 2 Perbutulan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri 2 Perbutulan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon)
Penelitian yang dilakukan penulis yaitu tentang Kinerja Guru dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri 2 Perbutulan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, bahwa terdapat permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu proses pembelajaran belum sepenuhnya sukses, karena masih ada sebagian guru yang belum tepat menggunakan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) pada saat proses pembelajaran berlangsung dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat belum berkualitas baik, guru kurang memilki keterampilan bertanya karena kurang menguasai bahan ajar, dan terdapat sebagian kecil guru kurang aktif dan hasil penataran belum mampu mengimbas kepada tema serta guru juga kurang masih kurang menguasai landasan kependidikan. Tujuan penulis melakukan penelitian ini diharapkan adanya perubahan dan perbaikan pada kinerja guru dalam proses pembelajaran, karena hal tersebut berpengaruh besar terhadap kualitas dan kemampuan murid yang akan terbentuk pada karakter dan daya pikir mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan berpedoman kepada teori-teori yang sudah ada dan juga penulis melakukan wawancara dengan beberapa narasumber untukmengetahui relevansi antara teori dengan fakta yang terdapat dilapangan. Hasil penelitian yang dilakukan penulis terkait Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri 2 Perbutulan yaitu hampir keseluruhan aspek baik dalam hal kualitas, kuantitas, pelaksanaan tugas dan tanggung jawab guru sudah bagus, namun dalam hal kualitas dan kompetensi guru masih kurang baik, namun hal tersebut dapat diatasi oleh Kepala Sekolah dengan berbagai hal salah satunya meningkatkan kuatlitas dan kompetensi guru melalui pelatihan dan pembinaan guru sekolah dasar. Hal tersebut pula harus adanya kesadaran dalam diri guru agar selalu memperbaiki kualitas dan kompetensi guru melalui membaca, penelitian, pelatihan dan pembinaan guru sekolah dasar serta meningkatkan kualitas dalam pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Tidak tersedia versi lain