Text
( Skripsi ) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN TENJOLAYA CICURUG SUKABUMI.
ABSTRAK PRATIWI RAHIM. NIM: H. 1711119. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Perubahannya Pada Siswa Kelas IV SDN Tenjolaya Cicurug Sukabumi. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor Rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa disebabkan oleh banyak hal antara lain: kurikulum yang padat, materi pada buku pelajaran yang dirasakan terlalu sulit untuk di ikuti, media belajar yang kurang efektif, laboratorium yang tidak memadai, kurang tepatnya cara dan media belajar yang dipilih oleh guru, kurang optimal dan kurangnya keselarasan siswa itu sendiri, dimana siswa tidak banyak terlibat dalam proses pembelajaran dan keaktifan kelas sebagian besar didominasi oleh guru, faktor media belajar merupakan faktor utama, yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian tentang penggunaan media pembelajaran berupa media kartu pada mata pelajaran IPA materi energi dan perubahannya dilakukan pada siswa kelas IV SDN Tenjolaya Cicurug, hal berdasarkan data pada data awal rata-rata nilai harian siswa pada mata pelajaran IPA yang dinilai sebelum dilakukan penelitian sebesar 61,58, sementara kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang seharusnya diperoleh siswa sebesar 70, masih kurang dari KKM. Pada penelitian ini, maka permasalahan dibatasi pada penggunaan media kartu yang dikaitkan dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi energi dan perubahannya di kelas IV SDN Tenjolaya Cicurug, penelitian ini dirumuskan : Adakah pengaruh penggunaan media kartu terhadap hasil belajar IPA pada materi energi dan perubahannya? Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif metode quasi eksperimen. Kelompok pertama kelas IV -1 belajar dengan belajar media kartu, dan kelompok kedua kelas IV -2 belajar dengan belajar biasa dan pada akhirnya kedua kelas masing-masing diberikan test hasil belajar. Tahapan analisisnya adalah analisis Deskriptif, Analisis Persyaratan Data (Uji Normalitas, Uji Homogenitas) Uji Hipotesis Statistik, Statistik yang digunakan adalah one way ANOVA test yang terdapat pada program SPSS, kriteria keputusan : H0 diterima jika p-value (sig)>? dengan ? =0,05. Penelitian ini dapat disimpulkan Pengaruh penggunaan media kartu terhadap hasil belajar IPA pada materi energi dan perubahannya menunjukkan pada Siswa kelas IV di SDN Tenjolaya Kec. Cicurug Sukabumi menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan, Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Hasil pengujian hipotesis diperoleh T hitung = 45,96 lebih dari T tabel = 2,093; Dimana angka Thitung > Ttabel dengan nila signifikansi 0,000 atau dibawah 0,05. Maka dengan demikian H1 Diterima atau Ho ditolak. Kata Kunci :Media Kartu, Hasil Belajar, IPA, Materi Energi dan Perubahannya
Tidak tersedia versi lain