Text
( Skripsi ) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ).
ABSTRAK Mutia Aprillia. NIM: H. 1710835 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa tinggi pengaruh penggunaan media pembelajaran Google Classroom terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SDN Cibeureum 4 Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi kausal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara penggunaan media pembelajaran Google Classroom terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan hasil uji signifikansi sebesar 6,742 > 2,002 dengan pengaruh positif sebesar 43,9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media pembelajaran Google Classroom dapat meningkatkan minat belajar siswa dan merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan saat pembelajaran jarak jauh. Kata Kunci : Google Classroom, Media Pembelajaran, Minat Belajar
Tidak tersedia versi lain