Text
( Skripsi ) PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN DARING PADA PANDEMI COVID-19.
ABSTRAK Siti Yuliani. NIM. H.1710234. Peran Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran Daring Pada Pandemi COVID-19. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai fasilitator pembelajaran daring pada pandemi COVID-19. Penelitian dilaksanakan di SDN Cimande 01 menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu 1 guru, 23 orang tua dan 23 peserta didik kelas VI. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peran guru sebagai fasilitator pembelajaran daring pada pandemi COVID-19 dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi melalui WhatsApp, Google Classroom, dan Google Meet. Video pembelajaran digunakan sebagai media pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran daring adalah metode tanya jawab, diskusi dan penugasan. Adapun faktor penghambat guru sebagai fasilitor adalah peserta didik yang terkait dengan kurangnya ketersediaan smartphone yang dimiliki peserta didik, penambahan kuota internet selama pembelajaran dan jaringan internet yang kurang stabil. Kata Kunci: Media pembelajaran, Metode pembelajaran, Studi Kasus
Tidak tersedia versi lain