Text
(Skripsi) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019)
Saham merupakan salah satu altermatif investasi yang menarik, salah satu indikator yang digunakan untuk melihat perkembangan nilai suatu saham yaitu menggunakan harga saham.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perngaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan nilai perusahaan terhadap harga saham. Sampel pada penelitian ini yaitu perusahaan sektor Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel perusahaan yang berhasil diperoleh dan memenuhi kriteria sebanyak 24 perusahaan, yang mana penelitian dilakukan selama 3 tahun yaitu tahun 2017 sampai dengan tahun 2019.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian kuantitatif yaitu proses menemukan pengetahuan menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji statistik deskriptif dan pengujian hipotesis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap harga saham, (2) Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signfikan terhadap harga saham, (3) Nilai Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Besarnya koefisien determinasi (Adjusted R Square) dalam penelitian ini adalah 11 persen, yang berarti 11 persen variabel dependen yaitu harga saham dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen, sedangkan sisanya 89 persen variabel harga saham dijelaskan oleh variabel lain yang berada diluar penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain