Text
Pengaruh Diferensial Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Waroeng SS Cabang Jatinangor)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh antara diferensiasi produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen Waroeng SS Cabang Jatinangor. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Waroeng SS Cabang Jatinangor dengan total sampel sebanyak 100 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) digunakan untuk menunjukkan hubungan yang memperlihatkan seberapa besar pengaruh sebuah variabel tertentu baik pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap beberapa variabel lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial dan simultan diferensiasi produk maupun harga positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial keputusan pembelian dipengaruhi oleh diferensiasi produk adalah sebesar 26,7%, dan dipengaruhi variabel harga adalah sebesar 25,75%. Besarnya pengaruh total dari variabel diferensiasi produk dan harga terhadap keputusan pembelian ditunjukan oleh besarnya koefisien determinasi r2=0,518 atau sebesar 51,80%, sedangkan pengaruh luar atau kekeliruan adalah sebesar 48,20%. Simpulan dari penelitian ini adalah diferensiasi produk dan harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan variabel yang paling mendominasi adalah diferensiasi produk sebagai variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen Waroeng SS Cabang Jatinangor.
Tidak tersedia versi lain