Text
Gambaran Kepuasan Pasiesn Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Karisma Cimareme
Kepuasan merupakan perasaan senang seseorang yang berasal dari perbandingan
antara kesenangan terhadap aktivitas dan suatu produk dengan harapannya. Untuk
meningkatkan kepuasan dalam pelayanan pasien, pemerintah telah berupaya
meningkatkan pemerataan kesehatan, namun demikian penampilan dan mutu
pelayanan kesehatan belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui gambaran kepuasan pasien rawat jalan terhadap mutu pelayanan
kefarmasian di Rumah Sakit Karisma Cimareme. Pada gambaran kepuasan
melihat kualitas pelayanan kefarmasian yang terdiri dari 5 dimensi yaitu,
ketanggapan, kehandalan, jaminan, empati dan berwujud. Penelitian ini
menggunakan penelitian deskriptif dengan metode cross sectional di Instalasi
Farmasi rawat jalan RS. Karisma Cimareme pada bulan juni 2021. Kepuasan
pelayanan pasien rawat jalan diukur menggunakan kuesioner. Sampel yang
digunakan sebanyak 100 responden. Dari penelitian ini di dapatkan hasil dari
dimensi berwujud 67,65% responden merasa puas, dimensi kehandalan 72,05%
responden merasa puas, dimensi ketanggapan 65,6% responden merasa puas,
dimensi kepedulian 72,25% responden merasa puas, dimensi jaminan 70,85%
responden merasa puas. Sehingga tingkat kepuasan pasien di instalasi farmasi
rawat jalan RS Karisma Cimareme responden merasa puas terhadap kinerja
petugas.
Tidak tersedia versi lain