Text
(Skripsi) Desain Bahan Ajar Digital Materi Eksponen Berbasis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Realistic Mathematic Education
Banyak siswa yang masih melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal berbentuk konteks yang berkaitan dengan materi eksponen. Selain itu, bahan ajar yang tersedia atau belum memadai dengan kebutuhan anak siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk (i) menciptakan desain bahan ajar digital materi eksponen berbasis Realistic Mathematic Education untuk capaian pembelajaran kemampuan pemahaman konsep matematis, (ii) menciptakan desain bahan ajar digital materi eksponen berbasis Realistic Mathematic Education yang praktis untuk capaian pembelajaran kemampuan pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian ini adalah Penemuan dan pengembangan (R&D) dengan metode penelitian ADDIE dan disajikan secara kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan membuat modul digital yang efektif dan praktis sesuai dengan kebutuhan siswa akan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya modul digital berbasis Realistic Mathematic Education yang efektif dan praktis. Persentasi modul digital kategori sangat valid sebesar 94% dan kategori sangat praktis sebesar 83,5%
Tidak tersedia versi lain