Text
Pengaruh Orientasi Pasar Dan Pembelajaran Organisasi taerhadap Keuangan Bersaing Pada UKM Batik Trusmi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh orientasi pasar dan pembelajaran organisasi terhadap keunggulan bersaing pada Ukm Batik Trusmi di Cirebon”. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh pemilik showroom batik yang ada di trusmi Cirebon. Sampel yang diambil sebanyak 48 responden pemilik Ukm Showroom Batik trusmi, dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa orientasi pasar mempunyai pengaruh terhadap keunggulan bersaing dengan nilai thitung > ttabel (1,942>1,678) dan nilai signifikansi 0,000<0,05 maka artinya signifikan, Pembelajaran organisasi berpengaruh terhadap keunggulan bersaing dengan nilai thitung > ttabel (4,000>1,678) dan signifikansi 0,004>0,05 maka artinya signifikan, dan terdapat pengaruh antara orientasi pasar dan pembelajaran organisasi terhadap keunggulan bersaing, pernyataan ini diperoleh dari hasil uji Fhitung > Ftabel (12,183>3,20)dan nilai signifikansi 0,000. Pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen (R square) adalah sebesar 0,324.
Tidak tersedia versi lain