Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen Waroeng Spesial Sambal (SS) Ampera Raya Cirebon)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui “Pengaruh Kualitas Layanan dan Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Waroeng Spesial Sambal (SS) Ampera Raya Cirebon). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Waroeng Spesial Sambal (SS) Ampera Raya Cirebon. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan insidental sampling, dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan berganda. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa variabel Kualitas Layanan berpengaruh positif dan sginifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung> ttabel (9,314 > 1,98447) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel kedua Servicescape berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung> ttabel (12,908 > 1,98447) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Pengujian simultan antara Kualitas Layanan dan Servicescape melalui uji F diperoleh nilai Ftabel sebesar 113,802 > Ftabel 3,09 dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05, artinya Kualitas Layanan dan Servicecsape berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Adapun koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 69,5%, dan sisanya sebesar 30,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Mengingat Kualitas Layanan dan Servicescape memiliki pengaruh positif dan signifikan serta memberikan konstribusi yang cukup bersar terhadap kepuasan konsumen maka pihak Waroeng Spesial Sambal (SS) sebaiknya memperhatikan Kualitas Layanan dan Servicescape yang ada.
Tidak tersedia versi lain