Text
(Skripsi) Etnomatematika Pada Alat Musik Saron Slendro
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada kaitannya keteraturan urutan Wilahan terhadap konsep matematika dan bagaimana mendesain modul pembelajaran SMP berbasis etnomatematika. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi kualitatif dengan desain etnomatematika. Subjek pada penelitian adalah pengrajin alat musik saron slendro, pelaku seni alat musik saron, Budayawan Cirebon, dan subjek yang terakhir adalah seorang Guru Matematika di salah satu SMP Negeri di Cirebon yang mengajar kelas VIII. Terdapat tiga teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Di dalam alat musik saron slendro terdapat konsep matematika dua dimensi berbentuk persegi panjang yang terdapat pada wilahan dan bentuk trapesium pada dudukan saron slendro. Terdapat pula konsep matematika tiga dimensi yaitu balok pada wilahan saron slendro, yang memiliki keteraturan ukuran dan berpola sehingga menghasilkan konsep matematika lainnya yaitu pola bilangan yang terdapat pada wilahan saron slendro. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran etnomatematika tingkat SMP pada materi bangun datar, bangun ruang, pola bilangan dan deret fibonaci yang telah divalidasi oleh dua validator dengan presentase 85,5% termasuk kedalam kriteria sangat valid.
Tidak tersedia versi lain