Text
(Skripsi) Inovasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Virtual Reality
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbentuk game edukasi dengan teknologi virtual reality berbasis android berbantuan Unity 3D. Pada saat ini, sumber belajar yang digunakan masih bersifat umum, sehingga perlu adanya kebaharuan terhadap pembelajaran sebagai upaya untuk pemberi pengetahuan (transfer of knowledge) siswa terhadap materi yang disampaikan khususnya terhadap materi bangun ruang sisi datar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media pembelajaran berbasis game virtual reality yang diterapkan pada materi bangun ruang sisi datar. Pada penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun, tidak melakukan tahap implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, instrumen atau tes soal, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh, Inovasi media pembelajaran matematika berbasis game virtual reality valid dan praktis. Dengan kata lain media pembelajaran ini dapat layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar SMP.
Tidak tersedia versi lain