Text
(Skripsi) Desain Bahan Ajar Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Pendekatan Kontekstual
Desain bahan ajar adalah segala bahan bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Materi SPLDV merupakan materi yang berkaitan erat dengan kemampuan komunikasi matematis sehingga materi yang dipilih untuk diimplementasikan ke dalam bahan ajar cetak materi sistem persamaan linear dua variabel berbasis kemampuan komunikasi matematis dengan pendekatan kontekstual, maka harapan materi ini dapat memfasilitasi peserta didik agar kemampuan komunikasi matematisnya berkembang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memperoleh desain bahan ajar yang valid dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik baik pada proses pembelajaran di kelas maupun pembelajaran secara mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADD tetapi tidak sampai tahap implementasi pada model penelitian dan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, tes kemampuan komunikasi matematis, angket validasi, dan angket respon berupa praktikalitas bahan ajar. Subjek penelitian pada praktikalitas bahan ajar sebanyak 6 peserta didik kelas VIII di salah satu SMPN di Kabupaten Majalengka dalam uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar cetak valid dengan hasil 93,13% dan praktis dengan hasil 94,57%. Dengan kata lain bahan ajar ini dapat layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi sistem persamaan linear dua variabel SMP
Tidak tersedia versi lain