Text
(Skripsi) Kemampuan Literasi Sains Pada Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI
Terdapat tiga dimensi literasi sains yaitu konten sains, proses sains, dan konteks aplikasi sains. Hasil Survei PISA menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains di Indonesia masih kurang baik. Berfokus pada kegiatan belajar mengajar di tingkat sekolah dasar, teks eksplanasi adalah salah satu jenis teks yang wajib dipelajari oleh siswa kelas VI. Adapun kompetensi dasar yang menunjukan penguasaan teks ekplanasi pada siswa yakni terdapat pada kompetensi dasar 3.2. Menggali isi teks eksplanasi yang didengar dan dibaca, 4.2. menyajikan secara lisan, tulis dan visual hasil penggalian informasi dari teks eksplanasi ilmiah dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil teks eksplanasi siswa sekolah dasar dan mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar yang terdapat pada teks eksplanasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Beberapa teknik yang dilakukan dalam mengumpulkan data adalah baca dan catat, mengumpulkan dokumen teks eksplanasi siswa sekolah dasar, lalu melakukan analisis terhadap teks eksplanasi tersebut menggunakan kartu data dengan berpandu pada indikator-indikator karakteristik teks eksplanasi dan kemampuan literasi sains. Kemudian data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa teks yang disusun oleh siswa kelas VI SD mencakup unsur pernyataan umum, sebab akibat (deretan penjelas), dan interpretasi. Kemudian di dalam tulisan siswa menggambarkan kemampuan literasi sains pada dimensi konten sains khususnya indikator pemahaman tentang konsep kunci (istilah-istilah literasi sains), kemudian dimensi proses sains yang lengkap dari mulai pertanyaan ilmiah, menarik simpulan, mengomunikasi simpulan dan pemahaman konsep, serta hanya beberapa tulisan yang menggambarkan kemampuan literasi sains pada dimensi konteks aplikasi sains
Tidak tersedia versi lain