Text
(Skripsi) Desain Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan mendesain buku cerita anak berbasis nilai kearifan lokal untuk pembelajaran teks fiksi siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) desain buku cerita anak berbasis nilai kearifan lokal untuk pembelajaran teks fiksi siswa kelas IV sekolah dasar. (2) validasi dari para ahli mengenai buku cerita berbasis kearifan lokal. Berdasarkan hasil pengumpulan data awal ditemukan masalah sebagai berikut. Pertama, guru masih menggunakan buku teks yang disediakan oleh pemerintah dalam pembelajaran teks fiksi. Kedua, kurangnya penyediaan buku-buku cerita anak sebagai penunjang pembelajaran teks fiksi. Ketiga, belum adanya buku cerita anak yang berbasis nilai kearifan lokal daerah Cirebon. Penelitian ini bersifat kualitatif, data yang diperoleh dari hasil validasi para ahli. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu R&D (Research and Development). Data diperoleh dari empat ahli yaitu, dua dosen dan dua guru sekolah dasar. Penilaian buku cerita anak ini ditinjau dari lima aspek yaitu: (1) Materi, (2) Penyajian materi, (3) Bahasa dan keterbacaan, (4) Tampilan, dan (5) Kearifan Lokal. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan buku cerita seperti penggunaan bahasa yang sederhana, kesesuaian ilustrasi gambar, penyajian buku cerita harus menarik. (2) Dari data yang didapat masing-masing ahli memberikan nilai sebagai berikut, validator satu memberikan nilai secara keseluruhan sebesar 75 dengan presentase 93,75% yang termasuk ke dalam kategori sangat valid, validator dua memberikan nilai secara keseluruhan sebesar 74 dengan presentase 92,05% yang termasuk kedalam kategori sangat valid, validator ketiga memberikan nilai secara keseluruhan sebesar 73 dengan presentase 91,25 yang termasuk kedalam kategori sangat valid, dan validator keempat memberikan nilai secara keseluruhan sebesar 63 dengan presentase 78,75 yang termasuk kedalam kategori cukup valid, dapat digunakan dengan sedikit revisi
Tidak tersedia versi lain