Text
(Skripsi) Eksplorasi Kemampuan Pemahaman Matematis dan Minat Belajar Siswa SMK Pada Materi Trigonometri
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman matematis siswa pada jenjang SMK dan bagaimana minat belajar dapat mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kemampuan pemahaman matematis dan minat belajar siswa SMK pada materi trigonometri. Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa SMK pada salah satu SMK di Kota Cirebon yang dipilih berdasarkan nilai rapot dan pengalaman penulis dalam kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan II. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus dengan mengeksplorasi hasil jawaban siswa yang dikuatkan oleh wawancara dan bagaimana minat belajar dapat menjadi salah satu faktor pengaruh dalam kemampuan pemahaman matematis siswa khususnya pada jenjang SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan nilai yang tinggi memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi dan minat belajar yang lebih tinggi dibandingkan dua siswa lain. Siswa dengan nilai menengah memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang dengan minat belajar yang berada dibawah siswa berkemampuan tinggi namun di atas siswa berkemampuan rendah. Sedangkan siswa dengan nilai yang rendah memiliki kemampuan pemahaman matematis yang rendah dan minat belajar yang rendah pula dibandingkan dua siswa lainnya
Tidak tersedia versi lain