Text
(Skripsi) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENGPOTIMALKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SD KELAS IV DALAM MUATAN IPS
Pembelajaran merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan sumber daya yang berkualitas. Dimana tujuan pendidikan dapat telaksana dengan baik apabila pembelajaran yang menekankan siswa untuk bisa memahami materi. Kurikulum yang ditetapkan di sekolah menggunakan kurikulum 2013 dimana proses pembelajaran berpusat pada siswa bukan lagi berpusat pada guru. Berdasarkan hasil pengumpulan data ditemukan masalah sebagai barikut: pertama, dalam proses pembelajaran guru kurang makimal dalam penyampaian materi, hanya menggunakan metode konvensional sehingga siswa merasa bosan pada saat pembelajaran. Pembelajaran menggunakan model example non example ini melatih siswa memahami untuk bisa memahami materi dengan menganalisi gambar. Bersadarkan penilalian yang dilakukan responden untuk mengetahui implementasi dapat keterangan sangat baik, yang memperoleh nilai rata - rata 87,53%, untuk mengetahui respon siswa memperoleh nilai rata - rata 85.71% dengan kategori sangat baik, sedangkan untuk hipotesis koefisien meningkat 1% dapat di simpulkan Ho ditolak dan ho diterima. Yang artinya terdapat pengaruh respon siswa setelah menggunakan model pembelajaran example non example
Tidak tersedia versi lain