Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-20180
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan jasa perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2015 sampai dengan 2018. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan data skunder yaitu data laporan keuangan dari perusahaan sampel yang dipublikasikan melalui situs www.idx.co.id dan website resmi masing-masing perusahaan. Pemilihan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 40 perusahaan sebagai sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Sebelum menggunakan analisis regresi, maka dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu, yang meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap manajemen laba dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.
Tidak tersedia versi lain