➤

E-Library

  • Beranda
  • Informasi
  • Profil PT
  • Pustakawan
  • Login/Daftar
    Login Anggota Daftar Online Login Admin Absen
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH PERLAKUAN PANAS TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN TINGKAT KEKERASAN PADA RODA KERETA API HASIL PENGECORAN LOGAM

Text

PENGARUH PERLAKUAN PANAS TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN TINGKAT KEKERASAN PADA RODA KERETA API HASIL PENGECORAN LOGAM

Indriani Dias Fahruri - Nama Orang;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Roda kereta api dibuat melalui metode pengecoran logam (sand casting) . Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kekerasan roda kereta api agar mencapai nilai kekerasan sesuai standar dengan metode perlakukan panas. roda kereta api diberikan perlakuan panas Normalizing, Hardening dan Tempering dan didinginkan dengan media oli. roda kereta api hasil pengerasan diberikan perlakuan panas temper untuk meningkatkan keuletan dan ketangguhan dengan menurunkan kekerasan. Perlakuan panas temper variasi temperatur dilakukan pada termperatur 500 oC, 600oC dan 700oCrndengan waktu tahan selama 60 menit, dilanjutkan dengan perlakuan temper variasi waktu dengan pada tempering 500 oC dengan waktu tahan 30 menit, 45 menit, dan 60 menit. uji keras dan pengamatan struktur mikro dilakukan terhadap spesimen roda kereta api hasil pengecoran dan roda kereta api impor sebagai pembanding. Hasil uji kekerasan rata-rata pada spsimen hasil normalizing sebesar 26 HRC, dan hasil kekerasan maksimal tempering variasi tempratur sebesar 45 HRC pada tempratur 700 oC dan dilanjutkan pada tahap tempering variasi waktu menghasilkan kekerasan rata- rata maksimal dengan 35 HRC pada temperatur 500oC dengan waktu tahan 60 menit. Struktur mikro menunjukkan peningkatan fasa martensit dengan meningkatkanya temperatur temper dan waktu tahan. pada percobaan pengaruh tempratur terhadap kekerasan sangat berpengaruh semakin tinggi tempratur kekerasan yang didapt semakin rendah, pada proses tempering variasi waktu disimpulkan bahwa variasi waktu sangat berpengaruh terhadap hasil kekerasan semakin lama waktu tahan maka semakin rendah kekerasanrnrnKata kunci : kekerasan, perlakuan panas temper, roda kereta api,


Ketersediaan
#
Perpustakaan Institut Teknologi Sains Bandung Belum memasukkan lokasi
PIB2405971
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: ., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
perpustakaan.itsb.ac.id
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


    OPAC LLDIKTI Wilayah 4
    Online Public Access Catalog

    Informasi Lainnya


    Website LLDIKTI Wilayah 4 Informasi Perpustakaan Login Anggota OJS LLDIKTI 4 Pustakawan

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Statistik Pengunjung Web

Seluruh: 2220029

© 2023 — Perpustakaan LLDIKTI Wilayah 4

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Buku
  • Jurnal
  • Majalah
  • Prosiding
  • Skripsi
  • Browse By Color
  • Coming Soon
Icons made by Freepik
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?