Text
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA SUNDA MELALUI METODE BERNYANYI BAHASA SUNDA TEMATIK
IBNU HASYIM. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Sunda Melalui Metode Bernyanyi Bahasa Sunda Tematik (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelompok B RA Jami?atul Husna Kota Bandung). Berdasarkan pengamatan peneliti dalam melakukan observasi yang dilakukan di RA Jami?atul Husna Kota Bandung dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 18 anak laki-laki dan 11 anak perempuan, menunjukkan dari 29 orang anak tersebut kemampuan berbahasa Sundanya masih rendah. Hal ini disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu kesehatan, intelegensi, status sosial ekonomi, jenis kelamin dan hubungan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kondisi objektif kemampuan berbahasa Sunda siswa kelompok B di RA Jami?atul Husna Kota Bandung sebelum menggunakan metode bernyanyi bahasa Sunda tematik, (2) untuk mengetahui bagaimana proses upaya mengembangkan kemampuan berbahasa Sunda melalui metode bernyanyi bahasa Sunda tematik pada kelompok B RA Jami?atul Husna Kota Bandung, dan (3) untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan berbahasa Sunda siswa kelompok B di RA Jami?atul Husna Kota Bandung melalui metode bernyanyi bahasa Sunda Tematik. Metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal kemampuan berbahasa Sunda pada kelompok B RA Jami?atul Husna sebelum digunakan metode bernyanyi bahasa Sunda tematik dengan setelah digunakan metode bernyanyi bahasa Sunda tematik pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Angka ketuntasan pada penelitian Siklus II ini mencapai 79% yaitu 23 orang anak dengan kriteria Berkembang sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa Sunda pada siswa kelompok B RA Jami?atul Husna meningkat dengan metode bernyanyi bahasa Sunda tematik. Metode bernyanyi bahasa Sunda tematik yang digunakan dalam penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Komponen bahasa yang diteliti dapat dikembangkan kembali tidak hanya pada kemampuan berbahasa Sunda saja. Metode bernyanyi bahasa Sunda tematik dengan diringi musik dan menggunakan berbagai media yang bervariasi menjadi daya tarik dan dapat memberikan motivasi bagi anak usia dini dan tercapainya tujuan pembelajaran yang bermakna.
Tidak tersedia versi lain