Text
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEBIJAKAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RUMAH MAKAN AYAM GORENG NELONGSO CABANG JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk dan kebijakan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Cabang Jatinangor Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif verifikatif yang pada dasarnya ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan guna memprediksi dan menjelaskan pengaruh dari suatu variabel terhadap variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini tidak seluruhnya dijadikan sebagai responden, maka berdasarkan hasil perhitungan rumus Slovin diperoleh sampel yang akan diteliti yaitu sebanyak 121 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Nonprobability sampling yaitu sampling insidental. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil analisis regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 4291,525 + 0,047 X1 + 0,384 X2. Sebelumnya, berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, data berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas dan tidak terjadi multikolinearitas. Analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan antara kualitas produk dan kebijakan harga terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sebesar 0,715 yang berada pada level kuat. Kualitas produk dan kebijakan harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen berdasarkan hasil uji F yakni Fhitung (61,645) > Ftabel (3,07) serta R Square pada kualitas produk dan kebijakan harga memberikan kontribusi sebesar 0,511 atau 51,1% terhadap kepuasan konsumen. sedangkan sisanya 0,489 atau 48,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel penelitian ini
Tidak tersedia versi lain