Text
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KEADAAN AWAL BELAJAR- MENGAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA ANGKATAN 2016 SEBAGAI ANGKATAN PERTAMA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANDUNG
Motivasi mendasari setiap tindakan seseorang. Saat seseorang merasa terdapat suatu kebutuhan yang harus dipenuhi, maka timbul adanya keinginan untuk memuaskan atau memenuhi kebutuhan itu. Motivasi belajar adalah dorongan yang mempu membuat seseorang melakukan kegiatan belajar. Motivasi belajar mahasiswa perlu didukung oleh faktor keadaan belajar yang kondusif, sehingga memungkinkan mahasiswa dapat belajar dengan baik. Mahasiswa memiliki pandangan masing-masing terhadap keadaan belajar- mengajar dikampusnya. Pandangan itu dapat juga disebut dengan persepsi. Persepsi adalah pengalaman proses kognitif terhadap objek, peristiwa, atau hubunganhubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Seperti halnya dalam keadaan awal belajar mengajar di UMBandung ini yang dapat menjadi penghayatan (persepsi) untuk motivasi belajar mahasiswanya. Keadaan awal dalam kegiatan belajar mengajar diantaranya adalah pribadi dosen, sarana prasarana, kurikulum dan pelayanan. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk Mengetahui hubungan antara persepsi keadaan awal belajar mengajar dengan motivasi belajar pada mahasiswa angkatan 2016 sebagai angkatan pertama UMBandung, mengetahui gambaran persepsi keadaan awal belajar mengajar dengan angkatan 2016 UMBandung, dan mengetahui gambaran motivasi belajar pada mahasiswa angkatan 2016 UMBandung. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Data dianalisis menggunakan uji korelasi product moment untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara persepsi keadaan awal belajar mengajar dengan motivasi belajar pada mahasiswa angkatan 2016 sebagai angkatan pertama umbandung maka dapat diketahui bahwa secara signifikan terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap keadaan awal belajar mengajar dengan motivasi belajar dengan pearson correlationnya sebesar 0,676 / korelasi yang kuat.
Tidak tersedia versi lain