Text
KECENDERUNGAN PERILAKU COMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA PERANTAU DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANDUNG
Compulsive buying merupakan perilaku dimana konsumen terdorong untuk mengontrol dirinya dan menganggap bahwa membeli dapat menyelesaikan masalah yang dimilikinya. Mahasiswa perantau merupakan peserta didik yang telah terdaftar di sebuah lembaga pendidikan yang bernama Universitas dan telah memenuhi persyaratan sebagai mahasiswa yang telah ditetapkan oleh Universitas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran kecenderungan perilaku compulsive buying yang terjadi pada mahasiswa perantau di Universitas Muhammadiyah Bandung. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran atau yang biasa disebut dengan mix method. Subjek penelitian adalah mahasiswa perantau di Universitas Muhammadiyah Bandung yang berjumlah 61 responden dan 5 narasumber. Hasil penelitian menunjukkan adanya ciri-ciri perilaku compulsive buying dengan aspek tendency to spend, aspek feelings joy about shopping and spending, aspek dysfunctional spending, dan aspek post-purchase guilt. Hasil tersebut didukung dengan data kualitatif yang disimpulkan bahwa terdapat kecenderungan perilaku perilaku compulsive buying pada mahasiswa perantau di Universitas Muhammadiyah Bandung
Tidak tersedia versi lain