Kemampuan moral dan agama menentukan perkembangan sikap dan perilaku dimasa yang akan datang (dewasa) sehingga sangat perlu diperhatikan dan ditumbuhkan sejak anak usia dini. Kemampuan moral dan agama tidak muncul dengan sendirinya, perlu distimulus dan dibiasakan agar terbentuk karakter dan kepribadian positif. kemampuan anak PAUD Mutiara Ilmu pada kondisi awal masih terlihat rendah. Setelah d…
Penelitian dilakukan melalui peran serta orang tua terhadap pembinaan keagamaan atau iman Kristen terhadap anak-anak dalam lingkungan keluarga. Penelitian ini menggunakan metode analisa tentang perubahan pada anak-anak sebelum dan sesudah mengikuti metode pendidikan agama Kristen. Bisa disimpulkan bahwa untuk meningkatkan iman orang tua adalah orang tua harus beribadah rajin mengikuti kegiatan …
Allhamdulillah kesimpulan penelitian penerapan nilai agama dan moral dalam pembentukan nilai karakter anak usia dini ini direspon anakpun sangat bahagia, karena menjadi lebih baik.
Terhadap perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dengan model PBL maupun konvensional, dengan nilai N-Gain sebesar 0 termasuk kategori rendah, terdapat kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsepnya pada tahap menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi, terdapat kesulitan guru dalam menerapkan langkah PBL pada tahap membimbing penyelidikan mengembangkan dan menyajika…
Pembelajaran daring dilaksanakan sebanyak 8 kali pembelajaran dengan persentasi 87,50% pada interval 76%-100% disimpulkan bisa berhasil.
Tayangan nussa dan rarra dapat dijadikan alternatif media pembelajaran nilai agama dan moral pada anak usia dini, hal ini tampak dari peningkatan yang signifikan pada niali agama moral anak setelah menyaksikan tayangan nussa dan rarra.
Skenario perencanaannya sudah cukup baik, implementasinya sudah cukup baik juga, hasil yang dicapai sudah cukup baik sehingga hasil akhir dari penelitian ini semoga bisa bermanfaat bagi khalayak terutama dilingkungan IKIP Siliwangi.
Hasil dari penelitian ini adalah implementasi pembelajaran daring di TKQ Assholihiyyah sudah berjalan dengan baik. Untuk respon guru serta respon anak, guru anak merasa kurang senang dengan pembelajaran daring dikarenakan banyaknya kendala yang harus dihadapi oleh guru dan anak selama pembelajaran daring salah satunya yaitu akses internet dan jaringan internet masih menjadi alasan terbesar kend…