Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan kegiatan ,aktivitas,respon serta perbedaan dalam siswa menggunakan metode PAIKEM atau belum. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode PAIKEM dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi.
Latar belakang penelitian ini adalah karena kemampuan menulis siswa yang masih rendah, Dan tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis, bagaimanakah perbedaannya dan bagaimanakah respon siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode PAIKEM mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa dan terdapat peningkatan hasil tes …
Terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol
Produk yang ditempatkan berupa media pembelajaran Mozaik menggunakan daun kering, produk mendapatkan hasil keseluruhan validasi 82%. Respon guru dan anak sangat baik. Hasih dari peningkatan Motorik halus pada anak diperoleh nilai rata-rata sebesar 91,15%
Terdapat perbedaan hasil belajar menulis teks negosiasi dengan metode example non example dengan yang menggunakan metode discovery learning