Dari 30 peserta didik terdapat 3 peserta yang memiliki komunikasi interpersonal yang rendah. Lalu aterdapat 5 peserta didik kategori tinggi, 22 peserta didik dalam kategori sedang.
Film pendek dalam layanan bimbingan klasikal untuk mengembangkan rasa empati siswa yang dikembangkan ini layak digunakan dengan presentase rata-rata penilaian ahli materi 86% (sanagt layak),ahli media(Sangat layak).
Hasil respon siswa berperan aktif saat kegiatan layanan dilaksanakan dengan memberikan pertanyaan,berbagi pendapat, dan diskusi dengan teman sekelas namun bagi beberapa siswa masih kesulitan dalam mengikuti kegiatan.
Produk yang dikembangkan yaitu berupa film pendek animasi efektif untuk mengembangkan kesadaran diri peserta didik terutama dalam hal belajar
Modul yang dikembangkan efektif dalam mengembangkan bakat akademik siswa SMP tingkat VII di YPI Ciparay
Kesadaran diri peserta didik dari hasil rata-rata persentase postest dengan modul bimbingan klasikal mengalami perubahan yang signifikan
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pengembangan media video animasi motivasi belajar menggunakan animaker dalam layanan bimbingan klasikal bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Cimahi yang mengacu pada sembilan langkah prosedur pengembangan sugiyono terbukti secara empiris sangat layak dapat digunakan sebagai media layanan bimbingan klasikal. Dengan validasi produk dari ahli materi men…
Penelitian ini berdasarkan atas penomena yang terjadi di lapangan yang menunjukan motivasi berlajar siswa SMAN 3 Pandeglang kelas X