The english teaching and learning is still dominated by teacher centered approach. As a result, students have problems to understand academic concepts. Therefore the teacher shouuld shift their teaching to learner centered approach by using Contextual teaching and learning (CTL). The research method used is quantitative method.The research conclude that CTL is able to improve vocabulary mastery…
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian, peningkatan, implementasi dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam mengerjakan soal kemampuan komunikasi matematik siswa MTS yang pembelajarannya menggunakan pendekatan contextual teaching and learning. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa MTS yang pembelaja…
Pembelajaran berbicara dengan menggunkan contextual teaching and learning sangat efektif dengan terbukti adanya perkembangan kemampuan siswa dalam berbicara secara tertentu dengan bukti nilai pretes dengan postes yang berbeda yang kecenderungannya meningkat walau tidak tajam tapi sudah dapat dikatakan signifikan.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan komunikasi matematik siswa SMP terhadap mata pelajaran matematika
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang mampu mengatasi masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menarik kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa setelah menggunakan CTL menjadi jauh le…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah pencapaian, peningkatan, implementasi dan kesulitan-kesulitan kemampuan koneksi matematis siswa SMP yang menggunakan pendekatan CTL dibandingkan pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa yang me…
Kemampuan menulis dan mengapresiasi puisi sangat kurang sehingga siswa kurang berminat pada pembelajaran menulis puisi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi. Hasil penelitian menunjukkan metode CTL meningkatkan kemampuan menulis puisi.
abstrak
Hasil penelitian menunjukkan penerapan CTL dalam pelajaran membaca meningkatkan hasil pembelajaran dan keaktifan dalam belajar
Pembelajaran menulis teks laporan dengan menggunakan metode contextual teaching and learning ini dapat menjadi acuan untuk penelitian selanjutnya karena dapat memberikan dampak positif kepada siswa dan dapat mengetahui respons apa yang akan didapat oleh peneliti mengenai apa yang telah mereka pelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat respon dan perubahan positif setelah menggunakan …